Rumah Sakit Ibu dan Anak - Lombok Dua Dua

ASI Tidak Lancar ? Coba Lakukan Ini Bunda

ASI merupakan makanan alami terbaik bagi bayi Anda. Sebab, ASI tidak hanya berfungsi sebagai sumber makanan bagi bayi tapi juga berfungsi untuk melindunginya dari berbagai penyakit. Hal ini dikarenakan ASI banyak mengandung zat-zat penting yang berfungsi untuk menjaga dan menguatkan sistem kekebalan tubuh bayi yang masih sangat rentan.

Karena pentingnya fungsi ASI inilah, maka ketercukupan asupan ASI si kecil juga menjadi sangat penting. Sayangnya, tidak semua ibu dikaruniai ASI yang cukup lancar dan melimpah bagi bayinya. Nah, agar ASI mengalir lancar coba lakukan cara berikut ini yuk, Bunda.

  • Meningkatkan Frekuensi Menyusui

Semakin sering Anda menyusui bayi Anda, semakin lancar aliran ASI Anda. Anda harus menyusui bayi Anda setiap tiga jam pada siang hari. Sebab, hal ini akan membantu untuk memperlancar ASI Anda.

  • Menghindari Stress

Sangat mungkin bagi ibu baru untuk mengalami stress pasca melahirkan. Nah, stress inilah yang menyebabkan aliran ASI Anda untuk si kecil menjadi tidak lancar. Sebab, stress akan membuat tubuh Anda menjadi lelah dan mengurangi jam susu untuk bayi Anda.

Lebih-lebih jika Anda memilih untuk mengerjakan segala kebutuhan rumah tangga sendiri. Hal ini akan membuat Anda semakin tidak memiliki waktu untuk menyusui si kecil. Inilah yang akan membuat produksi ASI menurun dengan sendirinya.

  • Mengonsumsi Diet yang Seimbang

mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi akan sangat berpengaruh pada produksi ASI yang kita miliki. Oleh sebab itu, selama menyusui pastikan Anda mengonsumsi menu diet yang seimbang ya.

Perbanyaklah makan-makanan yang kaya vitamin dan mineral seperti buah-buahan, sayur-sayuran, serta biji-bijian. Makanan yang tinggi protein seperti ikan dan lauk-pauk lainnya juga wajib Anda konsumsi secara seimbang. Sebab, selain meningkatkan produktivitas ASI, konsumsi nutrisi secara seimbang juga akan meningkatkan kandungan vitamin dan nutrisi penting bagi tumbuh kembang bayi.

  • Hindari Dot

Jika Anda sudah memperkenalkan bayi Anda dengan dot, hal ini akan membuatnya berhenti menyusu lebih cepat daripada seharusnya. Akibatnya, produktivitas ASI Anda akan menurun dengan sendirinya.

  • Lakukan Kontak Kulit dengan Bayi

Membelai dan mengusap lembut si kecil selama ia menyusu akan memperkuat kontak batin antara Anda dan dia. Kontak kulit ini akan secara refleks merangsang aliran ASI dalam payudara Anda menjadi lebih lancar.

  • Konsultasi dengan konselor Laktasi

Apabila Anda masih mengalami kesulitan dan masalah saat menyusui, RSIA Lombok Dua Dua Surabaya memiliki fasilitas KLINIK LAKTASI yang didukung oleh dokter konselor laktasi,  Informasi lebih lengkap silahkan hubungi hotline customer service kami di 082139600022.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk memperlancar aliran ASI Anda untuk si kecil. Semoga informasi ini bermanfaat dan Anda bisa segera menyusui bayi Anda dengan lancar ya. Vemale.com

 

Leave a Reply

*
Back to Top
Back to Previous Page