Rumah Sakit Ibu dan Anak - Lombok Dua Dua

Endometriosis

oleh Retina Indanwati, dr, SpOG

Bismillaahirrohmaanirrohiim…

Banyak yang bertanya pada saya apa sih endometriosis itu? Berbahaya gak? Ganas gak?

Berikut ini saya akan mencoba membantu saudara-saudara saya untuk lebih mengenal apa itu endometriosis.

ENDOMETRIOSIS merupakan suatu kelainan pada endometrium (dinding bagian dalam rahim). Tanpa diketahui apa penyebabnya, sel-sel penyusun endometrium itu tumbuh atau tertanam diluar rahim. Ada dua macam endometriosis, yaitu endometriosis interna dan endometriosis eksterna. Endometriosis interna seringkali disebut adenomiosis terjadi jika sel-sel penyusun endometrium itu tumbuhnya di lapisan otot rahim (masih bagian rahim juga), sedangkan endometriosis eksterna seringkali kita kenal sebagai kista coklat atau endometrioma terjadi jika sel-sel penyusun endometrium itu tumbuhnya di luar rahim dan yang paling sering ialah di ovarium.

Menyinggung istilah kista. Apa sih kista itu? Kista merupakan suatu ruangan berisi cairan, penamaannya tergantung letak kista itu. Apa beda tumor dengan kista? Kalau tumor, merupakan segala macam benjolan yang tidak normal pada tubuh kita, bisa jinak atau ganas. Kista ovarium termasuk dalam tumor.

Banyak sekali penyakit yang tidak diketahui penyebabnya. Namun yakinkah tidak ada yang mengaturnya alias nongol tiba-tiba? Tentu tidak, ada Zat yang mengatur semua itu, dialah Allah SWT.

Allah SWT berfirman:

 

Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda (kekuasaan) Kami di segenap penjuru dan pada diri mereka sendiri, sehingga jelaslah bagi mereka bahwa al-Qur’an itu adalah benar. Dan apakah Tuhanmu tidak cukup (bagi kamu) bahwa sesungguhnya Dia menyaksikan segala sesuatu?” (QS. Fushshilaat, 41: 53)

 

Maha Benar Allah dengan segala firman-Nya…

 

 

Leave a Reply

*
Back to Top
Back to Previous Page