Rumah Sakit Ibu dan Anak - Lombok Dua Dua

SIKLUS HAID (MENSTRUASI)

oleh Retina Indanwati, dr, SpOG

Siklus haid merupakan suatu mekanisme kerja sama yang harmonis antara otak-ovarium (indung telur)-endometrium (dinding bagian dalam rahim). Mereka berkomunikasi melalui zat yang kita kenal dengan hormon. Siklus haid sendiri terdiri dari dua siklus yaitu siklus ovarium dan siklus endometrium, siklus ovarium terjadi pada ovarium sedangkan siklus endometrium terjadi pada dinding rahim. Hormon dalam tubuh wanita dapat mengatur agar tahap ovulasi pada siklus ovarium bersamaan dengan penebalan dinding rahim tahap sekresi pada siklus menstruasi. Dan, masa ovulasi atau sering kita kenal dengan masa subur terjadinya selalu tepat yaitu 14 HARI SEBELUM HARI PERTAMA HAID YANG AKAN DATANG.

Kesimpulan:
Pada rangkaian gambar itu jelaslah bahwa proses pematangan sel telur, bersamaan dengan penebalan sel-sel dinding rahim yang akan digunakan untuk mempersiapkan penempelan sel telur dan zigot. Sinkronisasi antara siklus ovarium dan menstruasi diperankan oleh hormon. Jika sel telur tidak mengalami pembuahan, maka jaringan pada dinding rahim yang penuh dengan pembuluh darah akan rusak dan lepas. Kejadian inilah yang dikenal dengan istilah datang bulan atau haid atau menstruasi.

Pertanyaannya, apakah kejadian-kejadian dalam tubuh kita itu hanyalah suatu kebetulan belaka? Apakah hormon-hormon itu bekerja dengan sendirinya? Jawabannya adalah BUKAN. Ada sesuatu yang mengaturnya. Mereka bekerja sebagai bukti bahwa mereka bertasbih kepada Allah SWT. Seperti yang tercantum dalam Al Qur’an surat Al Israa’ ayat 44: “Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tak ada suatupun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun.” (QS. Al Israa’, 17: 44)

Maha Benar Allah dengan segala firman-Nya…

Leave a Reply

*
Back to Top
Back to Previous Page